Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 15 Magek Kabupaten Agam

Sudirman, Sudirman (2012) Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 15 Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUDIRMAN_07418_4206_2012.pdf] Text
final_B1_6_SUDIRMAN_07418_4206_2012.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan metode sosiodrama yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 15 Magek Kabupaten Agam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, tes, dan lembar pengamatan. Metode Sosoiodrama merupakan metode pembelajaran yang menempatkan siswa dalam bermain drama yang beranggotakan 5 atau 6 orang siswa. Metode pembelajaran ini dilakukan melalui delapan tahap, dimulai dari pemilihan masalah yang menarik bagi siswa,agar siswa mengerti peristiwanya maka guru menceritakan isi permasalahan, menetapkan peran siswa, menjelaskan peran-peran siswa, berunding, diskusi, tanya jawab, menilai hasil sosiorama. Penelitian ini direncanakan 2 siklus dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan. Siklus II satu kali pertemuan sedang pelaksanaan siklus I pertemuan I pada tanggal 1 November 2011, pertemuan II pada tanggal 8 November 2011 dan siklus II pada tanggal 15 November 2011. Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 15 Magek Kabupaten Agam. Hasil pembelajaran siklus I pertemuan I, dari aspek guru 65%, siswa 67,5%, RPP 75% sedangkan aspek kognitif diperoleh rata-rata 55,6 , aspek afektif 59, dan aspek psikomotor 64. Untuk siklus I pertemuan II, dari aspek guru 73%,siswa 70%, RPP 85,7%, aspek kognitif diperoleh rata-rata 64, aspek afektif 64, dan aspek psikomotor 70. Sedangkan pada siklus II, dari aspek guru 90%,siswa 87,5%, RPP 89% sedangkan aspek kognitif diperoleh rata-rata 81,25, aspek afektif 75, dan aspek psikomotor 76. Dengan demikian penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil pembelajaran Pkn siswa, baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:25
Last Modified: 04 Aug 2025 05:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item
View Item