Husna, Yossi Hanifa (2013) Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi LectureMAKER terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YOSSI_HANIFA_HUSNA_02837_1518_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_YOSSI_HANIFA_HUSNA_02837_1518_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YOSSI_HANIFA_HUSNA_02837_1518_2013.pdf
Download (606kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMP N 7 Padang masih ada siswa kelas VIII yang memperoleh hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 76 dengan rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah media pembelajaran yang dirasa kurang inovatif dan cenderung monoton sehingga belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu dilakukan Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi LectureMAKER yang bertujuan agar meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yang berjenis quasi experimental dengan model random terhadap subjek (Randomized Control Posttest Only Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Padang TP. 2012/2013. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif (pilihan ganda) sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Aplikasi LectureMAKER yaitu 82.29, sementara siswa yang menggunakan Media Langsung lebih rendah yaitu 73.20. Hasil uji hipotesis didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung (1.707) > ttabel (1.703). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan Media Pembelajaran Aplikasi LectureMAKER dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pada Media Langsung pada Model Direct Instruction.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Aplikasi LectureMAKER, Quasi Experimental, Randomized Control Posttest Only Design, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20049 |