Peningkatan Hasil Belajar Volume Prisma Segitiga dan Tabung dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VI SD Negeri 02 Koto Lamo Kabupaten Lima Puluh Kota

Ariza, Defi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Volume Prisma Segitiga dan Tabung dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VI SD Negeri 02 Koto Lamo Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEFI_ARIZA_52381_4498_2012.pdf] Text
final_B1_6_DEFI_ARIZA_52381_4498_2012.pdf

Download (313kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 02 Koto Lamo adalah bahwa pembelajaran volume prisma segitiga dan tasbung yang disajikan guru hanya menggunakan metode ceramah, menyuruh siswa menghafal rumus tanpa meminta siswa menemukan sendiri volume dari prisma segitiga dan tabung. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini pendekatan Kontruktivisme merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif dan efesien untuk dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan hasil belajar volume prisma segitiga dan tabung di kelas VI SD. Dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas pada aspek kognitif 59,4%, dengan persentase ketuntasan 38,8%, aspek afektif 69,7% dan psikomotor 66,6%. Pada siklus I pertemuan II aspek kognitif 61,6%, afektif 72,2% dan psikomotor 72,3%. Pada siklus II pertemuan I terjadi peningkatan terhadap hasil belajar. Aspek kognitif meningkat menjadi 79,5%, afektif 84,7% dan psikomotor 88%. Siklus II pertemuan II aspek kognitifnya 85%, afektif 87% dan psikomotor 94%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar volume prisma segitiga dan tabung di kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Volume prisma segitiga, volume tabung, pendekatan konstruktivisme, hasil belajar siswa, penelitian tindakan kelas
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:23
Last Modified: 04 Aug 2025 05:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20047

Actions (login required)

View Item
View Item