―Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Termodinamika dan Gelombang di Kelas XI SMA N 2 Padang

Putri, Yulia Herlina (2018) ―Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Termodinamika dan Gelombang di Kelas XI SMA N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YULIA_HERLINA_PUTRI_14033043_374_2018.pdf] Text
B1_05_YULIA_HERLINA_PUTRI_14033043_374_2018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan kurikulum 2013 terhadap pencapaian kompetensi dasar 4 (KD 4). Pembelajaran fisika siswa pada kurikulum 2013 membutuhkan suatu bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Bahan ajar yang digunakan umumnya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi soal-soal latihan sebagai penunjang teori pada kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa kegiatan praktikum belum terlaksana secara optimal di sekolah. Penyebabnya adalah praktikum belum dilakukan untuk seluruh KD 4 dikarenakan alat dan bahan praktikum yang kurang memadai. Selain itu, kemajuan teknologi yang berkembang saat ini juga dapat menunjang pembelajaran berupa ICT yang ada di sekolah. Oleh sebab itu, solusinya adalah dengan menggunakan LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada pembelajaran fisika SMA/MA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Peneliti melakukan langkah-langkah penelitian sampai langkah keenam dari sepuluh langkah penelitian yang ada. Produk yang dihasilkan berupa LKS berbasis virtual laboratory pada materi termodinamika dan gelombang yang dapat diakses melalui website gisti.scientific-project.com. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : lembar angket uji validitas, lembar angket uji praktikalitas dan lembar uji efektivitas berupa lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji validitas yaitu menggunakan analisis deskriptif, uji praktikalitas menggunakan analisis deskriptif dan uji efektivitas menggunakan uji t berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT memiliki nilai validitas rata-rata 88,51 dengan kriteria sangat valid, LKS ini juga praktis digunakan oleh guru dengan rata-rata nilai 94,20 pada kriteria sangat praktis serta menurut siswa 82,30 dengan kriteria sangat praktis. Penggunaan LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT adalah efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa; Virtual Laboratory; ICT; Pembelajaran Fisika; Validitas; Praktikalitas; Efektivitas
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:23
Last Modified: 04 Aug 2025 05:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item
View Item