Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks di SMAN I Koto XI Tarusan

Sari, Riri Permata (2013) Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks di SMAN I Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RIRI_PERMATA_SARI_12805_3067_2013.pdf] Text
final_B1_7_RIRI_PERMATA_SARI_12805_3067_2013.pdf

Download (724kB)

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) kurang menarik bagi sebagian siswa, pada pembelajaran tersebut siswa cendrung bersifat pasif dan kurang mau melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar adalah model Active Learning dengan tipe pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi reaksi redoks karena adanya pengaruh aktivitas siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2012/2013 SMAN I Koto XI Tarusan. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik random sampling. Dari teknik tersebut diperoleh kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match adalah 66,53 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (59,60). Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 artinya thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match hasil belajar lebih tinggi secara signifikan daripada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi reaksi redoks kelas X di SMAN I Koto XI Tarusan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Index Card Match, hasil belajar, reaksi redoks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:29
Last Modified: 04 Aug 2025 05:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20034

Actions (login required)

View Item
View Item