Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 03 Simpang Haru Padang

Rivani, Yosi (2017) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 03 Simpang Haru Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YOSI_RIVANI_1300558_3929_2017.pdf] Text
final_B1_06_YOSI_RIVANI_1300558_3929_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) adalah salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bekerjasama, berbagi hasil kerja dan informasi kepada kelompok lainnya, sehingga menjadikan pembelajaran bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 03 Simpang Haru tahun ajaran 2016/ 2017.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Simpang Haru yang memiliki dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe TSTS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 03 Simpang Haru Padang. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (2,21) > t tabel (1,678). Hasil belajar IPS yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari rata-rata 81,13 dan rata-rata yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 76,36.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Mata pelajaran IPS, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:29
Last Modified: 04 Aug 2025 04:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20029

Actions (login required)

View Item
View Item