Patra, Dedi (2015) Peningkatan Hasil Belajar Pengolahan Data dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VI SDN 19 Kampung Baru Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DEDI_PATRA_56823_2909_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DEDI_PATRA_56823_2909_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DEDI_PATRA_56823_2909_2016.pdf
Download (959kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil refleksi awal mengajar di kelas VI SDN 19 Kampung Baru, siswa belum memiliki kesempatan untuk merefleksi apa yang diperolehnya selama dalam pembelajaran. ketika melaksanakan penilaian atau pemberian tugas, siswa kesulitan karena konsepnya belum tertanam dalam dirinya. Akibatnya hasil pembelajaran pengolahan data rendah dan berada di bawah KKM. Untuk itu penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar pengolahan data dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas SDN 19 Kampung Baru Kota Pariaman berjumlah 30 orang, siswa laki-laki adalah 15 orang dan siswa perempuan adalah 15 orang. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan, dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan pembelajaran pengolahan data dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas VI SDN 19 Kampung Baru.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pada: a) RPP siklus I adalah 78,5%, kriteria cukup pada siklus II menjadi 96% kriteria baik, b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I adalah 69% kriteria cukup pada siklus II menjadi 96% kriteria sangat baik, dan pada aspek siswa siklus I adalah 69% kriteria cukup pada siklus II menjadi 96% kriteria sangat baik, c) peningkatan hasil belajar siswa siklus I rata-rata hasil belajar aspek kognitif 63,7% kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 94% kriteria baik, aspek afektif siklus I 67,8% kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 89,7% kriteria baik, aspek psikomotor siklus I 67,2% kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 91,1% kriteria baik.
Dengan demikian, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar pengolahan data SDN 19 Kampung Baru Kota Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pengolahan data, Contextual Teaching and Learning (CTL), SD, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:45 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20025 |