Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Quantum Writing Bagi Kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi.

Rahmawati, Suci (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Quantum Writing Bagi Kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUCI_RAHMAWATI_01392_2013_2014.pdf] Text
final_B1_6_SUCI_RAHMAWATI_01392_2013_2014.pdf

Download (331kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan peneliti di SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi, ditemukan fakta bahwa pembelajaran menulis narasi masih sulit dilakukan siswa. Salah satu penyebab permasalahan ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Quantum Writing merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis narasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi dengan metode Quantum Writing bagi siswa kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana satu siklus dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 3x35 menit dan 2x35 menit satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Quatum Writing dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya kemampuan siswa pada saat pra menulis untuk menyusun clustering dan kerangka karangan yang tergambar dari peningkatan skor rata-rata pada siklus I yaitu 77,78 meningkat menjadi 82,10 pada siklus II dengan kualifikasi baik. Kemampuan siswa mengembangkan kerangka karangan pada tahap saat menulis juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata siklus I yaitu 65,74dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 78,70 pada siklus II dengan kualifikasi baik. Selain itu kemampuan siswa untuk memperbaiki karangan pada tahap pasca menulis juga mengalami peningkatan dari 68,52 di siklus I dengan kualifikasi cukup menjadi 80,56 di siklus II dengan kualifikasi baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi dengan metode Quantum Writing bagi siswa kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Narasi, Metode Quantum Writing
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:45
Last Modified: 04 Aug 2025 03:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20024

Actions (login required)

View Item
View Item