Peningkatan Kemampuan Bernyanyi dengan Metode Demonstrasi pada Siswa SMP Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman

Novalita, Elsis (2014) Peningkatan Kemampuan Bernyanyi dengan Metode Demonstrasi pada Siswa SMP Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELSIS_NOVALITA_17427_3276_2014.pdf] Text
final_B1_6_ELSIS_NOVALITA_17427_3276_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan kegiatan bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dengan metode demonstrasi pada siswa SMP Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman, semester genap 2014.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi penyajian data dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran bernyanyi di SMP Negeri 1 Padang Gelugur dapat meningkat dengan digunakannya metode demonstrasi oleh peneliti, dimana siswa-siswi yang pintar, sedang, dan kurang dalam bernyanyi dapat belajar bersama-sama dengan menirukan langsung apa yang didemonstrasikan oleh peneliti didepan kelas. Sehingga siswa-siswi dapat bernyanyi dengan irama, melodi, serta tempo yang benar, dan dapat menyajikan lagu “ Rayuan Pulau Kelapa” dan “Dayuang Palinggam” dengan irama yang sebenarnya. Hasil tes siswa yang menguasai lagu tersebut dengan baik, diberi skor 75 keatas, dan nilai siswa yang dibawah 75 dianggap belum tuntas, karena kriteria ketuntasan minimum seni budaya di SMP Negeri 1 Padang Gelugur adalah 75

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT said: bernyanyi, demonstrasi, peningkatan kemampuan, siswa SMP, pembelajaran seni, evaluasi.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:44
Last Modified: 04 Aug 2025 03:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20021

Actions (login required)

View Item
View Item