Sari, Suci Rahma (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SUCI_RAHMA_SARI_1205011_4872_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_SUCI_RAHMA_SARI_1205011_4872_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SUCI_RAHMA_SARI_1205011_4872_2016.pdf
Download (830kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang dilaksanakan guru kurang sesuai yang diharapkan, yaitu guru kurang mempresentasikan materi, kurang membentuk kelompok belajar siswa, kurang memberikan motivasi, kuang berpedoman pada RPP dan kurang menggunakan media pembelajaran. Akibatnya hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Model Kooperatif Tipe STADDi Kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang. Jenis penelitian tindakan ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dalam pembelajaran PKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe STADmenunjukkan peningkatan: 1) Perencanaan pada siklus I memperoleh persentase 83,9% dengan kualifikasi B menjadi 92,9% dengan kualifikasi SB pada siklus II, 2) Pelaksanaan pembelajaran PKn aspek guru pada siklus I memperoleh persentase 72,5% dengan kualifikasi C menjadi 90% dengan kualifikasi SB pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I memperoleh persentase 72,5% dengan kualifikasi C menjadi 90% dengan kualifikasi SB pada siklus II, 3) Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata 74,8dengan kualifikasi C menjadi 85 dengan kualifikasi B pada siklus II. Dengan demikian, model kooperatif tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:44 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20013 |