Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Kartika 1-10 Padang (Penelitian Tindakan Kelas)

Hasprija, Yosi (2017) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Kartika 1-10 Padang (Penelitian Tindakan Kelas). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YOSI_HASPRIJA_1308795_5133_2017.pdf] Text
final_B1_06_YOSI_HASPRIJA_1308795_5133_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan kurang melibatkan siswa, siswa kurang terlibat dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya guru dalam mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, siswa kurang menghayati secara alamiah tentang dunia sekitar mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk meningkatan proses pembelajaran tematik terpadu tema 8 dengan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Kartika 1-10 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Prosedur penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru, dan aspek siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Kartika 1-10 Padang dengan jumlah siswa 20 orang, 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 73,60% kualifikasi C (Cukup), siklus II meningkat menjadi 91,66% kualifikasi SB (Sangat Baik). (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 74,99% kualifikasi C (Cukup), siklus II meningkat menjadi 91,06% kualifikasi SB (Sangat Baik). Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu tema 8 pada kelas IV SD Kartika 1-10 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: embelajaran tematik terpadu, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:35
Last Modified: 04 Aug 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20010

Actions (login required)

View Item
View Item