Efektivitas Pelalaksanaan Layanan Informasi Menggunakan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Pemahaman Literasi Digital Peserta Didik.

Guspriadi, Yan (2021) Efektivitas Pelalaksanaan Layanan Informasi Menggunakan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Pemahaman Literasi Digital Peserta Didik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_Yan_Guspriadi_17006111_865_2022.pdf] Text
B1_5_Yan_Guspriadi_17006111_865_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Teknologi dan inovasi pada saat ini berkembang begitu pesat, sertapengguna dari teknologi ini yang begitu meningkat, ditambah dengan adanyakeadaan pandemi Covid-19 yang dimulai pada akhir 2019, teknologi menjadi halterdekat yang bisa memberikan bantuan, baik kepada individu, maupun dalamruang lingkup yang lebih luas. Selain manfaat yang bisa dirasakan olehmasyarakat dan banyak pihak, tentunya ada juga dampak negatif dariperkembangan teknologi yang harus diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untukmelihat keefektifan pelaksanaan layanan informasi menggunakan metode blendedlearning untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik yang adapada saat masa-masa pandemi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitianQuasi Eksperimen rancangan The Non Equivalent Control Group. Populasi daripenelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 02 Padang, menggunakanpurposive sampling dan didapatkan sample kelas XII IPA 4 dan XII IPA 6.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis denganmenggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, dan Man U Whitney 2 IndependentSample Test.Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan layanan informasimenggunakan metode blended learning yang dapat digunakan untukmeningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik. Secara khususpenggunaan media yang interaktif dalam pelaksanaan layanan memberikanpeningkatan pemahaman literasi digital memberikan peningkatan pemahamanyang lebih. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling diharapkan dapatmelaksanakan layanan informasi dan umumnya layanan yang ada pada bimbingandan konseling dengan lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAYANAN INFORMASI, LITERASI DIGITAL
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:45
Last Modified: 04 Aug 2025 03:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19998

Actions (login required)

View Item
View Item