Satrianda, Dedet (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif The Firing Line dalam Pembelajaran Perekaman Audio di Studio terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DEDET_SATRIANDA_76595_1085_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DEDET_SATRIANDA_76595_1085_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DEDET_SATRIANDA_76595_1085_2012.pdf
Download (421kB)
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini rendahnya hasil belajar Mata Pelajaran Perekaman Audio di Studio kelas X AV SMKN 2 Solok. Hal ini terlihat masih banyak berada di bawah standar ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu sama atau di atas 70. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya strategi pembelajaran yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini mengungkapkan perbedaan hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif the firing line dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar. Populasi penelitian kelas X AV 1 TP.2011/2012 66 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena ke dua kelas sampel memiliki hasil belajar yang hampir sama. Setelah dilakukan pemilihan secara acak dapat ditentukan kelas X AV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AV 2 sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif the firing line pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 70,15 lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 60,29.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran aktif the firing line, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19994 |