Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Model Problem Base Learning (PBL) Dilengkapi Concept Map Terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Bukittinggi

Wahyuny.A.F., Yosi Elsa (2016) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Model Problem Base Learning (PBL) Dilengkapi Concept Map Terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YOSI ELSA_WAHYUNY_A_F_1205636_4785_2016.pdf] Text
B1_05_YOSI ELSA_WAHYUNY_A_F_1205636_4785_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pencapaian kompetensi IPA peserta didik yang belum optimal disebabkan peserta didik yang belum memahami konsep. Salah satunya disebabkan karena LKS yang digunakan belum mengarahkan peserta didik menjadi mandiri dan aktif dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menggunakan LKS Berbasis Model Problem Base Learning (PBL) Dilengkapi Concept Map. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penggunaan LKS Berbasis Model Problem Base Learning (PBL) Dilengkapi Concept Map terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment atau penelitian eskperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bukittinggi yang terdaftar pada semester satu tahun ajaran 2015/2016. Teknik untuk pengambilan sampel yang digunakan adalah Purpossive Sampling. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini ada 3 yaitu kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan dan instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan lembar penilaian unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi kuadrat pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil analisis data ketiga kompetensi menunjukkan bahwa pada kompetensi pengetahuan didapatkan �ℎ����� 2 2 ≥������ 2 dan �ℎ����� 2 ≤������ untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis Model Problem Base Learning (PBL) dilengkapi Concept Map pada kompetensi pengetahuan yang ditunjukkan dengan rata-rata kelas ekpserimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 79,37 dan 73,14. Hasil uji Chi Square didapatkan koefisien kontingensi C pada kompetensi pengetahuan sebesar 0,25. Sedangkan untuk kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan penggunaan LKS berbasis Model Problem Base Learning (PBL) dilengkapi Concept Map tidak memberikan pengaruh yang berarti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS; Problem Based Learning; Concept Map; Kompetensi IPA; Pengetahuan; Sikap; Keterampilan
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:26
Last Modified: 04 Aug 2025 03:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item
View Item