Putri, Yosa Aulya (2018) Pengaruh Penggunaan LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Tema Gerak dalam Kehidupan Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_YOSA_AULYA_PUTRI_14033107_458_2018.pdf [thumbnail of B1_05_YOSA_AULYA_PUTRI_14033107_458_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_YOSA_AULYA_PUTRI_14033107_458_2018.pdf
Download (1MB)
![B1_05_YOSA_AULYA_PUTRI_14033107_458_2018.pdf [thumbnail of B1_05_YOSA_AULYA_PUTRI_14033107_458_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_YOSA_AULYA_PUTRI_14033107_458_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam kurikulum 2013, pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpadu dan didukung dengan gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan kompetensi siswa. Pembelajaran IPA Terpadu diharapkan dapat meningkatkan ketiga kompetensi siswa secara utuh mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun kondisi nyata di sekolah menunjukkan pembelajaran IPA Terpadu dan gerakan literasi sekolah masih belum dilaksanakan secara optimal. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital tema gerak dalam kehidupan. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki pengaruh penggunaan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital tema gerak dalam kehidupan terhadap kompetensi siswa kelas VIII di SMPN 8 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan dapat dikelompokkan kedalam jenis ekperimen semu dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari lembarobservasi untuk kompetensi sikap, tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan dan penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Analisis data yang digunakan mencakup analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, uji keberatian hubungan dan uji perbandingan. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa penggunaan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital tema gerak dalam kehidupan memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa kelas VIII memiliki kontribusi 38.44% dan 35.05%. Pada penggunaan LKS IPA terpadu juga memberikan pengaruh yang berarti pada sikap siswa kelas VIII di SMPN 8 Padang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital tema gerak dalam kehidupan dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan di SMPN 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS IPA Terpadu; Literasi Era Digital; Kompetensi Siswa; Gerak dalam Kehidupan; Kurikulum 2013; Pembelajaran IPA |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:25 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19973 |