Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Diikuti Pelaksanaan Kuis terhadap Kompetensi Fisika Kelas X SMAN 9 Padang

Florensia, Yora (2017) Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Diikuti Pelaksanaan Kuis terhadap Kompetensi Fisika Kelas X SMAN 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YORA_FLORESIA_1305730_385_2018.pdf] Text
B1_05_YORA_FLORESIA_1305730_385_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap materi fisika umumnya masih rendah sehingga kompetensi mereka juga masih perlu ditingkatkan. Kompetensi peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara mengaplikasikan masalah nyata yang ada di lingkungan sekitarnya kedalam pembelajaran. Masalah yang diaplikasikan dapat berupa masalah sehari-hari seperti shockbreaker pada kendaaraan . Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menyelidiki perbedaan LKPD berbasis problem based learning diikuti pelaksanaan kuis terhadap kompetensi peserta didik kelas X SMA N 9 Padang, 2) menyelidiki pengaruh LKPD berbasis problem based learning diikuti pelaksanaan kuis terhadap kompetensi peserta didik kelas X SMA N 9 Padang Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA N 9 Padang yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian adalah data hasil belajar peserta didik kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan serta nilai LKPD berbasis problem based learning diikuti pelaksanaan kuis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah post test untuk mengukur kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk mengukur kompetensi sikap, lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur kompetensi keterampilan, dan instrumen penilaian LKPD untuk masing-masing kompetensi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk setiap kompetensi, dimana kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata untuk ketiga aspek kompetensi diperoleh nilai thitung>ttabel. Dengan demikian, penggunaan LKPD berbasis problem based learning diikuti pelaksanaan kuis memberikan perbedaan yang berarti pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Sedangkan melalui uji regresi dan korelasi menunjukkan kontribusi yang cukup kuat LKPD berbasis problem based learning diikuti pelaksanaan kuis terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD; Problem Based Learning; Kuis; Kompetensi Pengetahuan; Kompetensi Sikap; Kompetensi Keterampilan; Fisika SMA
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:05
Last Modified: 04 Aug 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item
View Item