Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 06 Simpang Haru Padang

Saputra, Nofri Eko (2016) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 06 Simpang Haru Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NOFRI EKO_SAPUTRA_1200657_5386_2016.pdf] Text
final_B1_6_NOFRI EKO_SAPUTRA_1200657_5386_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda belum sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan. Guru tidak memulai pembelajaran dengan memberikan sebuah masalah yang berhubungan dengan dunia nyata siswa, Mengorganisasi siswa untuk belajar, Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya siswa, dan Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda Dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 06 Simpang Haru Kota Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV sebanyak 26 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pengamatan RPP, pengamatan aspek guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 76,79 % kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,43% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru dan siswa pada siklus I adalah 71,43% kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,43% kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I 75,96 meningkat pada siklus II menjadi 85,24. Berarti, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri 06 Simpang Haru Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pecahan, Problem Based Learning, siswa kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:05
Last Modified: 04 Aug 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19963

Actions (login required)

View Item
View Item