Adriani, Nofita (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam Kecamatan Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOFITA_ADRIANI_52511_2340_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOFITA_ADRIANI_52511_2340_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOFITA_ADRIANI_52511_2340_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 17 Bonjo Alam Kecamatan Ampek Angkek bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan cara-cara lama (konvensional), dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam Kecamatan Ampek Angkek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dengan jumlah siswa 30 orang dilaksanakan dengan observasi, tes, dan pengamatan. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 4 atau 5 orang siswa. Model pembelajaran ini dilakukan melalui lima tahap, dimulai dari mengajar (teach), belajar kelompok (team study), permainan (games), pertandingan (tournament) dan penghargaan (team recognition). Hasil penelitian membuktikan bahwa aspek perencanaan pada siklus I pertemuan I adalah 85,7, pertemuan II 92,9 dan siklus II 96,4. Aspek pelaksanaan aktifitas guru siklus I pertemuan I adalah 70, pertemuan II 78,3 dan siklus II 95. Aktifitas siswa siklus I pertemuan I adalah 72, pertemuan II 77 dan siklus II 90. Sedangkan hasil belajar siklus I pertemuan I 71, pertemuan II 73 dan siklus II 81, berarti ada peningkatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, IPS, TGT, pembelajaran kooperatif, siswa kelas V |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:58 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19954 |