Fadilah, Debi (2017) Hubungan Minat Baca dan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas V SDN 23 Marapalam Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_DEBI_FADILAH_1300536_4767_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_DEBI_FADILAH_1300536_4767_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_DEBI_FADILAH_1300536_4767_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berbahasa merupakan salah satu kebutuhan manusia. Dalam berbahasa terdapat beberapa keterampilan yang semuanya saling berhubungan. Ada empat keterampilan dalam berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap keterampilan erat pula berhubungan dengan proses-proses yang mendasari bahasa baik lisan maupun tulis. Faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya minat baca siswa, siswa kurang memahami apa yang ditulisnya, siswa kurang termotivasi untuk membaca, kurangnya minat siswa dalam menulis ringkasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, dengan tujuan untuk mendeskripsikan hubungan minat baca dan keterampilan menulis ringkasan siswa. Ada dua data yang telah diolah. Pertama, data minat baca siswa. Kedua, data keterampilan menulis ringkasan siswa.Metode ini bertujuan untuk menganalisis hubungan minat baca dan keterampilan menulis ringkasan siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional, dengan populasi seluruh siswa kelas V berjumlah 101 orang dengan penarikan sampel dilakukan dengan cara proportional random sampling yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan 18 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis, yaitu angket minat baca dan tes unjuk kerja menulis. Angket digunakan untuk mengumpulkan data minat baca sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis ringkasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, minat baca siswa berada pada kualifikasi baik (78,63). Kedua, keterampilan menulis ringkasan siswa berada pada kualifikasi baik (77,40). Ketiga, terdapat hubungan minat baca dan keterampilan menulis ringkasan siswa berada pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan n-2, hasil pengujian membuktikan > 2,048. Dengan demikian, semakin tinggi minat baca siswa, maka akan semakin baik keterampilan menulis ringkasannya dan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Minat Baca, Menulis Ringkasan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19947 |