Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kompetensi Dasar Perangkat Keras Untuk Akses Internet Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Abdillah, Debi (2013) Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kompetensi Dasar Perangkat Keras Untuk Akses Internet Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_DEBI_ABDILLAH_57641_697_2013.pdf] Text
final_B1_06_DEBI_ABDILLAH_57641_697_2013.pdf

Download (399kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dengan rentangan 0 - 100. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu model pembelajaran, faktor internal dan faktor eksternal. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggabungkan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar pada kompetensi dasar perangkat keras untuk akses internet dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan Contextual Teaching and Learning dengan hasil belajar yang hanya menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimen dengan metode Quasi Experiment, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan TA. 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, Instrumen yang digunakan adalah soal objektif sebanyak 25 butir soal. Kemudian dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan model Contextual Teaching and Learning yaitu 77,88 sementara siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 74,35. Sedangkan dari hasil hipotesis dengan perhitungan manual yaitu dengan uji t diperoleh thitung (2,35) > ttabel (1,6697). Dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran langsung dan Contextual Teaching and Learning pada kelas eksperimen memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar perangkat keras untuk akses internet dari pada kelas kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran langsung. Dan pada uji persentase pengaruh tedapat pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 4,75 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, model pembelajaran langsung, Kontrol dan Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:46
Last Modified: 04 Aug 2025 02:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item
View Item