Amelia, Decenni (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Pembelajaran Resitasi di Kelas IV SD Negeri 01 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DECENNI_AMELIA_1100674_5999_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_DECENNI_AMELIA_1100674_5999_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DECENNI_AMELIA_1100674_5999_2015.pdf
Download (454kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 01 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya masih rendah. Hal ini disebabkan oleh guru tidak membuat inovasi baru dalam pemberian tugas pembelajaran menulis deskripsi, sehingga pembelajaran tidak menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan metode pembelajaran Resitasi di kelas IV SDN 01 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 21 siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan LKS. Analisis data mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menujukkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini terlihat dari aspek guru siklus I 81,25% dengan kualifikasi baik, pada siklus II 87,5% dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa siklus I 81,25%% dengan kualifikasi baik, pada siklus II 87,5% dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada fase pemberian tugas (tahap pra menulis) siklus I 76,78 pada siklus II meningkat menjadi 84,13. Pada fase pelaksanaan tugas (tahap saat menulis) 72 meningkat pada siklus II menjadi 83,73. Pada fase mempertanggungjawabkan tugas (tahap pasca menulis) 73 meningkat pada siklus II menjadi 85,32. Nilai rata rata kelas pada siklus I 73,96 dengan kualifikasi cukup dan siklus II 84,39 dengan kualifikasi baik. Persentase peningkatan pembelajaran keterampilan menulis deskripsi menggunakan metode pembelajaran Resitasi yaitu 10,43%. Dengan demikian metode pembelajaran Resitasi telah dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis deskripsi, metode resitasi, pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19941 |