Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced terhadap Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pariaman

Candra, Yogi Prima (2016) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced terhadap Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YOGI_PRIMA_CANDRA_1205647_5120_2016.pdf] Text
B1_05_YOGI_PRIMA_CANDRA_1205647_5120_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pencapaian kompetensi IPA peserta didik yang belum maksimal salah satunya disebabkan oleh kurangnya penggunaan bahan ajar. Kurikulum mewajib kan materi disampaikan secara terpadu. Pembelajaran IPA yang disampaikan secara terpadu dapat didukung dengan penerapan model pembelajaran terpadu. Salah satu tipe dari model pembelajaran terpadu ialah tipe sequenced (terurut). Model pembelajaran terpadu tipe sequenced memungkinkan pendidik menyampaikan pembelajaran secara terpadu dan terurut. Pendidik dapat menyusun ulang kembali materi pembelajaran yang saling berkaitan agar peserta didik memperoleh pembelajaran secara holistik dan bermakna. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki pengaruh LKPD berbasis model pembelajaran terpadu tipe sequenced terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random Sampling. Data penelitian meliputi pencapaian kompetensi IPA peserta didik. Kompetensi peserta didik terbagi atas kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Instrumen penilaian kompetensi sikap menggunakan lembar observasi, instrumen kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dan instrumen kompetensi keterampilan menggunakan rubrik penilaian unjuk kerja. Data dihimpun dan direkapitulasi sebelum dilakukan analisis satistik pada data. Analisis statistik dilakukan pada data dengan tahapan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Rata-rata nilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada kelas eksperimen berturut-turut, ialah 81.98, 47.07 dan 77.15. Rata-rata nilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan berturut-turut ialah 84.34, 42.24, dan 73,49. Analisis data dilakukan terhadap data tersebut dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Analisis data menghasilkan nilai thitung untuk masing-masing kompetensi, yaitu 1.04, 2.304, dan 1.709. Dari thitung ini hanya pada aspek pengetahuan yang berada di luar H0. Hal ini berarti hanya pada aspek pengetahuan LKPD ini memberikan pengaruh yang berarti. Pengamatan yang dilakukan selama penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis model pembelajaran terpadu tipe sequenced mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar tersebut ditunjukkan dengan peningkatan partisipasi aktif peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; LKPD; Model Pembelajaran Terpadu; Tipe Sequenced; Kompetensi Siswa; IPA; Kelas VIII
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:39
Last Modified: 04 Aug 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19938

Actions (login required)

View Item
View Item