Vitri, Nofino (2014) Peningkatan Hasil Belajar Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas V SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOFINO_VITRI_96321_2252_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOFINO_VITRI_96321_2252_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOFINO_VITRI_96321_2252_2014.pdf
Download (660kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh guru yang tidak melibatkan siswa aktif
dalam pembelajaran faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan, dan
guru belum menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata siswa, akibatnya
hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis
menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar faktor persekutuan
terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil dengan pendekatan pendidikan
matematika realistik di kelas V SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi.
Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah
siswa kelas V SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggin dengan jumlah siswa 22
orang. Penelitan ini dilaksankan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian
meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4)
refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: perencanaan RPP
memperoleh persentase nilai pada siklus I 74,99% meningkat menjadi 89,28%
pada siklus II, pelaksanaan pembelajaran Faktor persekutuan terbesar dan
kelipatan persekutuan terkecil dari aspek guru 74,99% pada siklus I meningkat
menjadi 87,5% pada siklus II, dari aspek siswa pada siklus I 68,75% meningkat
menjadi 87,5% pada siklus II, hasil belajar siswa dari ke tiga ranah (kognitif,
afektif, psikomotor) pada siklus I 74,11 meningkat menjadi 82,72 pada siklus II.
Dapat disimpulkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat
meningkatkan hasil belajar faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan
terkecil pada siswa kelas V SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittingg
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, FPTB, KPK, Pendidikan Matematika Realistik, siswa kelas V |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:39 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19936 |