Yulandari, Yessy (2017) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar melalui Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Siswa Kelas VIII-5 SMPN 32 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_YESSY_YULANDARI_1301044_3234_2017.pdf [thumbnail of B1_05_YESSY_YULANDARI_1301044_3234_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_YESSY_YULANDARI_1301044_3234_2017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Sekolah SMPN 32 Padang terletak di Jl. Sungai Lareh Padang merupakan sekolah yang asri berada di suasana pendesaan. Sekolah SMPN 32 Padang mempunyai kondisi lingkungan bagus dengan siswa pribumi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-5 SMPN 32 Padang yang mempunyai masalah terhadap minat dan hasil belajar apresiasi seni rupa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan minat belajar apresiasi seni rupa melalui menggunakan model pembelajaran quantum teaching siswa kelas VIII-5 SMPN 32 Padang. 2) Meningkatkan hasil belajar apresiasi seni rupa melalui penggunaan model quantum teaching siswa kelas VIII-5 SMPN 32 Padang . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action reseacrh) dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran seni budaya. Disini peneliti bertindak sebagai guru, sedangkan guru mata pelajaran seni budaya bertindak sebagai teman sejawat atau observer. Model penelitian yang digunakan adalah Hopkins dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII-5 SMPN 32 Padang yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data menunjukkan peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase minat belajar adalah 72% dengan kategori cukup, setelah dilakukan perbaikan pembelajaran oleh peneliti/guru pada siklus II, maka terjadi peningkatan minat belajar siswa menjadi 86% dengan kategori sangat baik. Begitu juga hasil belajar apresiasi seni rupa yang menunjukkan peningkatan signifikan. Hal ini dapat digambarkan pada rata-rata pra siklus 63 menjadi 83 pada siklus I, kemampuan siswa terus menunjukan peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II dengan rata –rata 93. Ini juga dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan pernyataan apabila t hitung lebih besar dari pada t tabel dan signifikan hitung lebih kecil dari signifikan pada tabel yakni 0,005. Uji hipotesis pada siklus I dengan siklus II dengan nilai t hitung 21,100 lebih besar dari t tabel yakni 2,756 dan nilai signifikan pada t hitung 0,000 lebih kecil dari signifikan tabel yakni 0,005. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan minat dan hasil belajar apresiasi seni rupa siwa kelas VIII-5 SMPN 32 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Hasil Belajar, dan Model Pembelajaran Quantum Teaching |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:39 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19934 |