Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Co-op co-op di Kelas V SDN 06 Balai Diateh Kecamatan Sungayang

Fitri, Nofi Eka (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Co-op co-op di Kelas V SDN 06 Balai Diateh Kecamatan Sungayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NOFI_EKA_FITRI_56667_4275_2012.pdf] Text
final_B1_6_NOFI_EKA_FITRI_56667_4275_2012.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil kenyataan yang penulis amati di SDN 06 Balai Diateh Kecamatan Sungayang ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kebanyakan masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa secara pasif. Guru kurang tepat memilih dan menggunakan berbagai model pembelajaran, kemudian guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat, penilaian yang diberikan guru kurang berfariasi. Ditambah guru belum pernah menggunakan Cooperative Learning Tipe Co-op coop. Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak pada minat dan hasil belajar siswa rendah dibawah rata-rata KKM. Akibatnya tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis PTK, Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data ini didapat melalui observasi, tes, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Penelitian ini menggunakan langkahlangka pembelajaran Cooperative Learning Tipe Co-op co-op. Tujuan penelitian ini agar hasil belajar siswa meningkat diatas rata-rata KKM. Hasil penilaian penelitian mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menunjukkan ketercapaian yang diperoleh oleh guru dari siklus I ke siklus II sudah berjalan dengan sangat baik. Dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Co-op co-op melihat perkembangannya dari siklus I ke siklus II juga sudah berjalan dengan baik. Selanjutnya hasil belajar dari siklus I pertemuan pertama ke pertemuan kedua dan kesiklus II pertemuan I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 66-72-86 (% Ketuntasan 65%-80%-100%). Aspek afektif 67-76-89 (% Ketuntasan 55%-70%-100%). Aspek psikomotor 66-81-90 (% Ketuntasan 40%-60%100%). Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui Cooperative Learning Tipe Co-op co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPS, Co-op Co-op, Cooperative Learning, siswa kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:38
Last Modified: 04 Aug 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19933

Actions (login required)

View Item
View Item