Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Senilai Melalui Kooperatif Model STAD kelas IV SD Negeri 44 Payakumbuh Bulakan Balai Kandi.

Noferni, Noferni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Senilai Melalui Kooperatif Model STAD kelas IV SD Negeri 44 Payakumbuh Bulakan Balai Kandi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NOFERNI_52150_2011.pdf] Text
final_B1_6_NOFERNI_52150_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 44 Payakumbuh Bulakan Balai Kandi. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tiep STAD. Pendekatan kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 4 atau 5 orang siswa. Model pembelajaran ini dilakukan melalui enam tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok, mengerjakan tes secara individu, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompk. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 44 Payakumbuh Bulakan Balai Kandi dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan iklus II satu kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatna. Pada siklus I pertemuan 1 seagian siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang prinsi-prinsip pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada peretmuan kedua siswa sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, sehingga aktivitas siswa meningkat. Dari hasil observasi aktivitas siswa dari 68,75% siklus I pertemuan 1 menjadi 78,12% pertemuan 2 pada siklus I dan menjadi 87,50% pada siklus II. Sementara itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 72,71 pada siklus I menjadi 81,35 pada siklus II. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 44 Payakumbuh Bulakan Balai Kandi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pecahan senilai, model STAD, siswa kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:38
Last Modified: 04 Aug 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19928

Actions (login required)

View Item
View Item