Angriana, Debi (2014) Peningkatan Proses Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Desain Pembelajaran ASSURE di Kelas IV SD Negeri 23 Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DEBI_ANGRIANA_96333_2815_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_DEBI_ANGRIANA_96333_2815_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DEBI_ANGRIANA_96333_2815_2014.pdf
Download (907kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil kenyataan yang peneliti amati di SDN 23 Sumani Kec. X Koto Singkarak Kabupaten Solok ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran IPS di kelas IV yang dilaksanakan guru dominan menggunakan metode ceramah, pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif, kurangnya penggunaan media oleh guru saat proses pembelajaran berlangsung, kurang mengaitkan materi dengan perkembangan teknologi. Gejala tersebut berdampak pada minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 23 Sumani Kec. X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan langkah-langkah model desain pembelajaran ASSURE.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) perencanaan siklus I dengan persentase 77,08%, siklus II dengan persentase 93,75%, b) pelaksanaan siklus I aspek guru dengan persentase 68,74% dan siklus II dengan persentase 85,93%, dan aspek siswa siklus I dengan persentase 65,62% dan siklus II dengan persentase 82,81%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN 23 Sumani Kec. X Koto Singkarak Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, model ASSURE, proses pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:36 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19920 |