Wihanda, Deassy (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Kartika 1-12 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DEASSY_WIHANDA_1200717_5144_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DEASSY_WIHANDA_1200717_5144_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DEASSY_WIHANDA_1200717_5144_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran tematik terpadu di SD Kartika 1-12 Kota Padang belum maksimal disebabkan guru belum memberikan kesempatan siswa untuk aktif menemukan konsep sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Kartika 1-12 Kota Padang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Kartika 1-12 Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan instrument penelitian lembar observasi dan lembar test.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan a) perencanaan pembelajaran siklus I pertemuan 1 dengan nilai 75 %, siklus I pertemuan 2 dengan nilai 80,5 % dan siklus II dengan nilai 93,4 %, b) pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I pertemuan 1 dengan nilai 78,1 %, siklus I pertemuan 2 dengan nilai 84,4% dan siklus II dengan nilai 93,7 %, c) hasil belajar siswa rata-rata siklus I pertemuan 1 adalah 75,1, siklus I pertemuan 2 adalah 87,5, dan pada siklus II adalah 91,7. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Kartika 1-12 Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, pembelajaran tematik terpadu, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:34 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19905 |