Safitri, Wulan (2016) Perbedaan Konsep Diri Siswa Laki-laki dan Perempuan yang Berprestasi Akademik Tinggi dan Rendah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WULAN_SAFITRI_1105604_1265_2016.pdf [thumbnail of B1_5_WULAN_SAFITRI_1105604_1265_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WULAN_SAFITRI_1105604_1265_2016.pdf
Download (463kB)
Abstract
Konsep diri merupakan gambaran, penilaian, dan pandangan seseorangtentang diri. Banyak faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa. Ada yangberasal dari dalam diri siswa dan yang berasal dari luar diri siswa. Faktor yangmempengaruhi konsep diri siswa di antaranya adalah jenis kelamin dan prestasiakademik. Fenomena yang ditemui di sekolah adanya siswa yang memilikikonsep diri yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepdiri siswa ditinjau dari jenis kelamin dan prestasi akademik.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitiandeskriptif dan komparatif. Populasinya adalah siswa kelas XI SMAN 14 Padangyang berjumlah 261 orang dengan jumlah sampel sebanyak 142 orang yangdipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalahmodel skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian(Anava) faktorial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara rata-rata konsep diri siswaditinjau dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan berada pada kategori tinggi;terdapat perbedaan dimana skor siswa perempuan lebih tinggi dibanding siswalaki-laki, 2) secara rata-rata konsep diri siswa ditinjau dari prestasi akademik,yaitu siswa yang berprestasi akademik tinggi dan rendah berada pada kategoritinggi, dan terdapat perbedaan dimana konsep diri siswa yang berprestasi tinggilebih tinggi dibandingkan siswa yang berprestasi akademik rendah, 3) secara ratarata tidak terdapat interaksi antara variabel jenis kelamin dan prestasi akademikdalam menjelaskan konsep diri siswa. Artinya siswa SMAN 14 Padang telahmampu membentuk konsep diri yang positif dan baik terhadap kemampuandirinya, akan tetapi antara variabel jenis kelamin dan prestasi akademik satudengan yang lainnya secara bersama-sama tidak berinteraksi sebagai faktorpembentuk konsep diri siswa. Guru BK diharapkan mampu membantu danmembimbing siswa yang memiliki konsep diri yang sedang dan rendah agarmampu meningkatkan dan mengembangkan potensi dirinya ke arah yang lebihbaik dan positif. Sesuai dengan hasil penelitian, diharapkan guru BK lebihmemperhatikan siswa yang memiliki prestasi akademik yang rendah dan siswalaki-laki yang berprestasi akademik rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI SISWA, PRESTASI AKADEMIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:33 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19900 |