Eliza, Wirna (2021) Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia Pada Materi Sistem Koloid Menggunakan Model Rasch. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WIRNA_ELIZA_16035082_1112_2022.pdf [thumbnail of final_B1_7_WIRNA_ELIZA_16035082_1112_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WIRNA_ELIZA_16035082_1112_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu kebijakanbelajar yang digagas oleh Mendikbud yang bertujuan untuk meningkatkan mutupendidikan di Indonesia. AKM merupakan bagian dari Penilaian AsesmenNasional pengganti ujian nasional dalam penilaian hasil belajar peserta didik yangakan dilaksanakan pada tahun 2021. Muatan penilaian dalam kebijakan tersebutmeliputi literasi dan numerasi. Berdasarkan itu perlu dilakukan pengembanganinstrumen yang dapat menilai kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.Pengembangan butir soal literasi kimia pada materi sistem koloid denganmenggunakan model Rasch dapat menjadi suatu solusinya. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan validitas konten (isi), validitas butir soal,reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran butir soal literasi kimia padamateri sistem koloid yang dikembangkan dengan model RaschJenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain Model ofEducational Reconstruction (MER). MER terdiri dari tiga tahapan, yaitu (1)analisis struktur konten, (2) penelitian mengajar dan belajar, dan (3)pengembangan dan evaluasi. Pengujian validitas konten (isi) dilakukan oleh limavalidator dan dianalisis menggunakan model Rasch dengan aplikasi facet.Sedangkan pengujian secara empiris terhadap peserta didik dianalisismenggunakan model Rasch dengan aplikasi winstep.Hasil analisis validitas konten pada penelitian ini menunjukkan hasilpersetujuan (exact agreements) sebesar 88,9% dan perkiraan hasil persetujuan(expected agreements) sebesar 89,6%. Sedangkan hasil analisis instrumen literasikimia memiliki kategori valid dan memiliki nilai reliabilitas instrumen yaitu 0,81dengan alfa Cronbach 0.97. Sementara daya pembeda soal menunjukkan 3kelompok soal, serta indeks kesukaran butir soal dapat dibedakan menjadi empatkelompok yaitu mudah, sedang, dan sulit.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Kimia, Sistem Koloid, Model Rasch, Instrumen Penilaian |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:33 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19898 |