Pengaruh Penggunaan Aplikasi NetSupport School terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggambar Teknik Elektronika Menggunakan Komputer (MTEMK) Kelas X di SMK Semen Padang

Putri, Andika Surya (2012) Pengaruh Penggunaan Aplikasi NetSupport School terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggambar Teknik Elektronika Menggunakan Komputer (MTEMK) Kelas X di SMK Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANDIKA SURYA PUTRI_57645.pdf] Text
final_B1_6_ANDIKA SURYA PUTRI_57645.pdf

Download (836kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di SMK Semen Padang masih rendahnya kompetensi belajar siswa yang dapat di lihat pada hasil belajar yang masih berada dibawah standar kriteria minimum pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Elektronika Menggunakan Komputer yang ditetapkan sekolah yaitu 72,00 dengan rentang 0-100. Siswa yang berada di bawah KKM yaitu 69,94 % dan 30,56 % siswa berada di atas KKM. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Peningkatan Kompetensi belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar mata pelajaran MTEMK pada Kompetensi Dasar Menggunakan Komputer untuk Membuat gambar Teknik siswa kelas XEI semester genap SMK Semen Padang TP. 2011/2012. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi netsupport dengan kompetensi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimen dengan metode Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XEI. Pengambilan sampel dilakukan teknik total sampling, yaitu mengambil semua anggota populasi menjadi anggota sampel. Kelas sampel I yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi netsupport school dan yang menjadi kelas sampel II yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran konvensional . Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelompok menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi netsupport school memiliki rata-rata nilai (75,42) dengan peningkatan kompetensi sebesar 29,03% lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional (70,83) dengan peningkatan kompetensi sebesar 20,08%. Sedangkan dari perhitungan ttes diperoleh t hitung adalah 3,825. Dari hasil tersebut tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Peningkatan Kompetensi Belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar mata pelajaran MTEMK pada Kompetensi Dasar Menggunakan Komputer untuk Membuat gamb

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi NetSupport School, Hasil Belajar, Mata Diklat Menggambar Teknik Elektronika, Komputer (MTEMK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:00
Last Modified: 04 Aug 2025 02:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19888

Actions (login required)

View Item
View Item