Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 2 Padang Panjang

Kurniawan, Wawan (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WAWAN_KURNIAWAN_12797_5600_2013.pdf] Text
final_B1_7_WAWAN_KURNIAWAN_12797_5600_2013.pdf

Download (604kB)

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh siswa.. Pembelajaran yang pasif, itu disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa cenderung kesulitan dalam pemahaman materi. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Model pembelajaran ini menuntut para siswa untuk mengembangkan proses berfikir, diskusi dan membuat laporan di akhir pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik random sampling , terpilih kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (80,63) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (76,63). Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung sebesar 2,16 dan ttabel sebesar 1,67, berarti thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran tipe TTW lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional pada materi koloid di kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Padang Panjang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Pembelajaran konvensional, Koloid, Hasil belajar, Randomize Control Group Only Design
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:59
Last Modified: 04 Aug 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19883

Actions (login required)

View Item
View Item