Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Reaksi Redoks Di Kelas X SMAN 1 Sawahlunto

Wasni, Wasni (2013) Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Reaksi Redoks Di Kelas X SMAN 1 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WASNI_12827_3066_2013.pdf] Text
final_B1_7_WASNI_12827_3066_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi reaksi reduksi oksidasi merupakan materi yang secara garis besar berisi konsep-konsep yang harus dipelajari dan dipahami dengan baik oleh siswa karena materi ini merupakan dasar bagi pemahaman materi reaksi redoks dan elektrokimia pada kelas XII. Membedakan reaksi reduksi dengan oksidasi cukup sulit maka diperlukan pemahaman yang baik oleh siswa sehingga untuk mewujudkan itu diperlukan latihan-latihan yang banyak untuk memudahkan siswa memahaminya. Teknik Quick on the draw merupakan salah satu teknik dari strategi pembelajaran kooperatif yang dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih lebih banyak mengerjakan soal-soal mengenai reaksi redoks. Dibutuhkan kecepatan dan ketepatan kelompok dalam menjawab pertanyaan pada sebuah kartu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan teknik Quick on the draw pada pembelajaran reaksi redoks terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Sawahlunto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis rancangan penelitian Randomize Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sawahlunto tahun ajaran 2012/2013 dan sampel penelitian yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian sebanyak 25 soal objektif. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Setelah dilakukan uji t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 52 diperoleh thitung sebesar 1,56 sedangkan ttabel sebesar 1,67. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan teknik Quick on the draw tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di SMAN 1 Sawahlunto

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quick on the draw, Reaksi reduksi-oksidasi, Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:48
Last Modified: 04 Aug 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19871

Actions (login required)

View Item
View Item