Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 29 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang

Dasmawati, Dasmawati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 29 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DASMAWATI_09594_4149_2013.pdf] Text
final_B1_6_DASMAWATI_09594_4149_2013.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi peneliti di Sekolah Dasar (SD) Negeri 29 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Pada saat pembelajaran berlangsung guru lebih sering mendominasi kegiatan pembelajaran dengan menyampaikan materi-materi pelajaran, tetapi kurang menitikberatkan pada proses yang sebenarnya sangat penting dalam pembelajaran IPS. Akibatnya siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS tentang Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD terteliti.
Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 85,5 pada aspek RPP, 70 penilaian terhadap pelaksanaan aspek guru, nilai 65 terhadap pelaksanaan aspek siswa, dan nilai rata-rata 71 hasil belajar siswa. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 96 aspek RPP, nilai 90 pada pelaksanaan aspek guru, 87,5 pada pelaksanaan aspek siswa, dan nilai 80 pada aspek hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 29 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, cooperative learning, TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:42
Last Modified: 04 Aug 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19866

Actions (login required)

View Item
View Item