Evayanti, Daslina (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Tema Tempat Tinggalku Menggunakan Pendekatan Scientifik di Kelas IV SD Negeri 14 V Koto Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DASLINA_EVAYANTI_1108355_857_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DASLINA_EVAYANTI_1108355_857_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DASLINA_EVAYANTI_1108355_857_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center sehingga siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswapun rendah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan Pendekatan Scientifik di Kelas IV SD Negeri 14 V Koto Timur.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh menggunakan pencatatan lapangan, observasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Adapun hasil penelitiannya adalah: Pada siklus I persentase RPP adalah 71,6% (kualifikasi cukup), persentase aspek guru adalah 67,5% (kualifikasi cukup), dan persentase aspek siswa adalah 67,5% (kualifikasi baik). Pada siklus II persentase RPP meningkat menjadi 92,2% (kualifikasi amat cukup), persentase aspek guru meningkat menjadi 90% (kualifikasi baik), dan persentase aspek siswa meningkat menjadi 90% (kualifikasi baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Scientifik dapat meningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa kelas IV SDN 14 V Koto Timur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran tematik, pendekatan scientifik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:41 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19861 |