Darmizah, Darmizah (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 6 Tanjung Lolo Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DARMIZAH_09916_4693_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DARMIZAH_09916_4693_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DARMIZAH_09916_4693_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang selama ini masih berpusat pada guru. Sehingga pembelajaran PKn menjadi pembelajaran yang membosankan bagi siswa. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran PKn yang diinginkan belum tercapai. Salah satu upaya yang peneliti lakukan untuk meningkatkan pembelajar PKn adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL merupakan pendekatan yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menerapkannya dalam kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan CTL.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini mulai dari perencanaan yang difokuskan pada persiapan pelaksanaan, pelaksanaan penelitian ini difokuskan pada pembelajar PKn dengan menggunakan pendekatan CTL, pengamatan terhadap tindakan pembelajaran PKn dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat sebagai obsever. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa klas IV SDN 6 Tanjung Lolo yang berjumlah 33 orang, dimana 14 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data berupa hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berupa lembaran pengamatan mulai dari lembaran pengamatan RPP, kegiatan guru dan siswa serta hasil belajar siswa.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan pembelajaran PKn di kelas IV SDN 6 Tanjung Lolo. Dari hasil penelitian terhadap RPP pada siklus I diperoleh presentase 75 %, akhir sisklus II memperoleh 92% dan akhir siklus III mencapai nilai maksimal yaitu 100%. Penilaian aktivitas Guru pada akhir siklus I dengan presentase 66% di akhir siklus II memperoleh 79% dan pada akhir siklus III meningkat menjadi 95%. Pada penilaian observasi siswa akhir siklus I dengan persentase 68% pada akhir siklus II menjadi 82% dan pada akhir siklus III meningkat menjadi 93%. Selanjutnya pada aspek kognitif pada akhir siklus I nilai rata-rata yang didapatkan siswa 63, siklus II 80, dan siklus III naik menjadi 85. Aspek afektif siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 66, siklus II 80, dan siklus III 89. Aspek psikomotor pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 62, siklus II 80, dan siklus III naik menjadi 89.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PKn, Contextual Teaching and Learning, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19854 |