Peningkatan Keterampilan Membuat Benda Konstruksi dengan Model Pembelajaran Langsung pada Siswa Kelas IV SDN 16 Anduring Padang

Darmiyati, Darmiyati (2016) Peningkatan Keterampilan Membuat Benda Konstruksi dengan Model Pembelajaran Langsung pada Siswa Kelas IV SDN 16 Anduring Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DARMIATI_56755_3745_2016.pdf] Text
final_B1_6_DARMIATI_56755_3745_2016.pdf

Download (536kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan/refleksi awal yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 16 Anduring menunjukkan ditemukan bahwa keterampilan membuat benda konstruksi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran membuat benda konstruksi belum dilakukan dengan model pembelajaran yang tepat. Guru tidak memberitahukan tujuan dan menyiapkan siswa sebelum melakukan pembelajaran membuat benda konstruksi, sehingga siswa tidak termotivasi untuk melakukan kegiatan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan keterampilan membuat benda konstruksi dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas IV. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dan penilaian proses dan hasil.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai RPP siklus I diperoleh rata-rata yaitu 80,35% dengan kualifikasi baik, siklus II yaitu 87,49% dengan kualifikasi baik. Hasil kegiatan pelaksanaan aktivitas guru siklus I rata-rata 77,5% dengan kualifikasi cukup dan aktivitas siswa 67,5% dengan kualifikasi kurang, siklus II aktivitas guru rata-rata 87,5% dengan kualifikasi baik dan aktivitas siswa yaitu 92,5% sangat baik. Hasil peningkatan keterampilan pada siklus I dengan rata-rata 69,18 meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata 75,17. Dengan demikian terbukti bahwa pembuatan benda konstruksi dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa di kelas IV SD Negeri 16 Anduring.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: benda konstruksi, keterampilan siswa, pembelajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:28
Last Modified: 04 Aug 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19851

Actions (login required)

View Item
View Item