Darmayeni, Darmayeni (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inkuiri di Kelas V MIN Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DARMAYENI_09610_5417_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DARMAYENI_09610_5417_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DARMAYENI_09610_5417_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPA di Kelas V MIN Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang jarang menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri di Kelas V MIN Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MIN Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang dengan jumlah siswa 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari data hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi.
Berdasarkan temuan penelitian menunjukan: (1) perencanaan siklus I dengan rata-rata 75% (Baik), siklus II dengan rata-rata 89,28% (Sangat Baik) dan, (2) Pelaksanaan siklus I, (a) aspek guru 80% (Baik), pada siklus II 90,71% (Sangat baik), (b) aspek siswa siklus I 82% (Baik) dan pada siklus II 87,42% (Sangat Baik), (3) hasil belajar siswa siklus I, (a) aspek kognitif 64 (cukup) pada siklus II 84,5 (Sangat baik), (b) aspek afektif pada siklus I 72,5 (Baik) pada siklus II 87 (Sangat Baik), (c) aspek psikomotor pada siklus I 74 (Baik) dan pada siklus II 89 (Sangat Baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V MIN Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran IPA, inkuiri, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19848 |