Pengaruh Teka-teki Silang (TTS) pada Strategi Active Learning Tipe Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid di SMA Negeri 9 Padang

Safitri, Rini (2013) Pengaruh Teka-teki Silang (TTS) pada Strategi Active Learning Tipe Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid di SMA Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RINI_SAFITRI_96960_5042_2013.pdf] Text
final_B1_7_RINI_SAFITRI_96960_5042_2013.pdf

Download (521kB)

Abstract

Materi Sistem Koloid merupakan salah satu materi kimia di kelas XI semester 2 SMA/MA. Siswa dituntut banyak membaca, menghafal beberapa istilah, dan melakukan percobaan. Pembelajaran sistem koloid bisa menggunakan strategi Active Learning. Salah satu strategi Active Learning yaitu penggunaan Flash Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi Active Learning tipe Flash Card disertai teka-teki silang (TTS) pada materi sistem koloid pada siswa kelas XI IPA di SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design”. Populasi penelitian ini ialah semua siswa kelas XI IPA SMAN 9Padangtahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik Random Sampling, dan diperoleh kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes diakhir penelitian. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 48 diperoleh thitung (3,32) > ttabel (1,68). Dari data ini disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan teka-teki silang (TTS) pada strategi active learning tipe flash card lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi active learning tipe flash card pada materi sistem koloid kelas XI di SMAN 9 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Teka-teki Silang (TTS), Flash Card, Hasil Belajar, Sistem Koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:27
Last Modified: 04 Aug 2025 01:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19844

Actions (login required)

View Item
View Item