“Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Teknologi Digital, Efek Compton, dan Inti Atom Kelas XII di SMAN 3 Padang

Sari, Yeni Mustika (2018) “Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Teknologi Digital, Efek Compton, dan Inti Atom Kelas XII di SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YENI_MUSTIKA_SARI_14033070_519_2018.pdf] Text
B1_05_YENI_MUSTIKA_SARI_14033070_519_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Banyak usaha yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM dengan melengkapi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan, seperti penyempurnaan kurikulum serta penyediaan sarana dan prasarana pendidikan. Namun, kenyataan yang ditemukan di lapangan bahwa masih banyak pelaksanaan pembelajaran yang belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, salah satu diantaranya kegiatan praktikum belum optimal dilakukan untuk memenuhi kompetensi keterampilan karena keterbatasan alat dan LKS penunjang. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan pengembangan LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kelayakan LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT yang dikembangkan pada materi teknologi digital, efek compton, dan inti atom kelas XII di SMAN 3 Padang. Untuk memenuhi tujuan di atas maka dilakukan penelitian dan pengembangan atau disebut juga Research and Development (R&D) dengan enam langkah penelitian. Objek dari penelitian adalah LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT yang diujicobakan kepada siswa kelas XII SMAN 3 Padang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas oleh guru dan siswa, lembar uji efektivitas berupa lembar soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi produk, analisis praktikalitas produk, analisis efektivitas produk. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT berada pada tingkat validitas yang tinggi dengan nilai rata-rata validasi 89,79. Kedua, dengan melakukan uji kepraktisan diperoleh hasil praktikalitas LKS berbasis virtual laboratory melaui ICT dengan nilai rata-rata praktikalitas yaitu 87,22 oleh guru dan 87,18 oleh siswa. Dilihat dari nilai rata-rata tersebut, maka LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT berada pada tingkat praktikalitas yang tinggi sehingga praktis digunakan. Ketiga, hasil uji efektivitas dari dua puluh orang siswa dengan nilai rata-rata pretest yang diperoleh yaitu 63, sedangkan hasil posttest yang diperoleh adalah 81. Uji statistik yang digunakan adalah uji t berkorelasi. Sesuai dengan nilai pretest dan posttest tersebut, didapatkan nilai thitung < ttabel. Berdasarkan hasil analisis data di atas, sudah dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi teknologi digital, efek compton, dan inti atom kelas XII di SMAN 3 Padang efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS; Virtual Laboratory; ICT; Teknologi Digital; Efek Compton; Inti Atom;Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:48
Last Modified: 04 Aug 2025 00:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19838

Actions (login required)

View Item
View Item