Syalmia, Yuweci (2019) Hubungan Aspirasi Pendidikan dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di Fakultas Tarbiyah IAIN Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_YUWECI_SYALMIA_15006054_1708_2019.pdf [thumbnail of B1_05_YUWECI_SYALMIA_15006054_1708_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_YUWECI_SYALMIA_15006054_1708_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya mahasiswa yang menganggap perkuliahan itu tidak penting, merasa bosan dan malas untuk kuliah, memiliki masalah dalam perkuliahan seperti mendapat nilai yang tidak memuaskan, tidak semangat untuk kuliah lagi, dan ada juga mahasiswa yang sudah berhenti kuliah. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan pada diri individu untuk melakukan suatu tindakan yang berkaitan dengan proses belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah yaitu aspirasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aspirasi pendidikan mahasiswa (2) mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa (3) menguji hubungan antara aspirasi pendidikan dengan motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Tarbiyah IAIN Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa juruan Biologi dan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kerinci. Jumlah sampel sebanyak 42 mahasiswa dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket aspirasi pendidikan dan angket motivasi belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) aspirasi pendidikan mahasiswa berada pada kategori tinggi (2) motivasi belajar mahasiswa berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan signifikan positif antara aspirasi pendidikan dengan motivasi belajar mahasiswa dengan koefisien korelasi 0,691 yang berada pada taraf signifikansi 0,000, jika 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada Konselor untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok kepada mahasiswa, agar dapat membantu untuk meningkatkan aspirasi pendidikan dan motivasi belajar pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspirasi Pendidikan, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 00:48 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 00:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19837 |