Kontribusi Kreativitas Siswa dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika Siswa Kelas X Mekatronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Linda, Yunita Rosa (2016) Kontribusi Kreativitas Siswa dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika Siswa Kelas X Mekatronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YUNITA_ROSALINDA_4427_1201925_2016.pdf] Text
B1_05_YUNITA_ROSALINDA_4427_1201925_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar kontribusi kreativitas siswa dan lingkungan belajar secara sendiri-sendiri maupun bersama sama terhadap hasil belajar pada mata diklat Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika Siswa Kelas X Mekatronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitan ini adalah penelitian korelasional yaitu dimana suatu penelitian yang di rancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda.Sedangkan populasi penelitian ini berjumlah 32 orang dan sampel berjumlah 32 orang siswa kelas X Mekatronika SMKN 1 Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan dari jumlah populasi (Total Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Melaksanakan Pekerjaan Bengkel Elektronika. Sedangkan data kreativitas siswa dan lingkungan belajar dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kreativitas siswa dan lingkungan belajar secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Sumatera Barat sebesar 36,40%, (2) kreativitas siswa berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Sumatera Barat sebesar 26,01%, (3) lingkungan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Sumatera Barat sebesar 24,46%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dan lingkungan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa di SMKN 1 Sumatera Barat, semakin tinggi kreativitas siswa dan semakin baiknya lingkungan belajar, maka semakin tinggi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas siswa, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:47
Last Modified: 04 Aug 2025 00:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item
View Item