Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Elektromagnetik dan Arus AC di Kelas XII SMAN 2 Padang

Martiani, Yundha (2018) Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Elektromagnetik dan Arus AC di Kelas XII SMAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YUNDHA_MARTIANI_14033025_521_2018.pdf] Text
B1_05_YUNDHA_MARTIANI_14033025_521_2018.pdf

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran fisika harus mengandung kompetensi inti (KI) yang telah ditetapkan. Kompetensi tersebut terdiri dari ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Faktanya, sebagian besar pembelajaran fisika hanya dilakukan pada kompetensi sikap dan pengetahuan saja. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan alat dan waktu dalam pembelajaran di sekolah. Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini dapat dimanfaatkan dalam kegiatan laboratorium di sekolah. Salah satunya dengan menggunakan virtual laboratory. Penggunaan virtual laboratory ini membutuhkan sebuah panduan serta wadah untuk bisa mengaksesnya, yaitu berupa LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis virtual laboratory yang dapat diakses melalui ICT yang valid,praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D). Sebagai objek penelitian adalah LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT yang diujicobakan kepada siswa kelas XII SMAN 2 Padang. LKS ini dapat di akses di website scientific-project.com. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : lembar uji validasi, lembar uji praktikalisasi dan lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi produk, analisis praktikalitas produk dan analisis efektivitas produk. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan 3 kesimpulan. Pertama, nilai uji validitas untuk LKS berbasis virtual laboratory sangat valid dengan nilai validitas rata-rata 87,10. Kedua, nilai uji praktikalitas untuk LKS berbasis virtual laboratory sangat praktis digunakan dengan rata-rata nilai uji praktikalitas 92,44. Ketiga, nilai uji efektivitas LKS berbasis virtual laboratory pada siswa diperoleh thitung lebih kecil daripada ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis virtual laboratory pada materi elektromagnetik dan arus AC valid, praktis dan efektif di gunakan untuk kelas XII SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS; Virtual Laboratory; ICT; Elektromagnetik; Arus AC; Pembelajaran Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:47
Last Modified: 04 Aug 2025 00:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item
View Item