Alifia, Dea Risma (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_DEA_RISMA_ALIFIA_1300546_4639_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_DEA_RISMA_ALIFIA_1300546_4639_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_DEA_RISMA_ALIFIA_1300546_4639_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS di kelas IV SD yang masih didominasi oleh guru dan kurang dikaitkan dengan dunia nyata siswa dalam pemecahan masalah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang pada tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimentasl Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan diperoleh 3 kelas, yaitu kelas IV A, IV B, dan IV C, serta teknik random (acak) dengan cara undian sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa 25 soal pilihan ganda. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 83,38. Sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 78,13. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaraan IPS yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontol. Pada pengujian hipotesis diperoleh t (6,292) > t (1,998) dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan dk=62. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL),Hasil Belajar, Kelas IV SD Negeri, Kota Padang 23 Marapalam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 00:47 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 00:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19822 |