Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Pembangunan Laboatorium UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Chandra, Daswil (2018) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Pembangunan Laboatorium UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_DASWIL_CHANDRA_1108311_344_2019.pdf] Text
final_B1_06_DASWIL_CHANDRA_1108311_344_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat. Hal ini disebabkan karena dalam proses permbelajaran masih berpusat kepada guru, siswa belum diberi kesempatan untuk bertanya dan menemukan sendiri konsep operasi hitung campuran bilangan bulat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan II siklus, masing masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil penilaian RPP, hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru dan siswa,serta evaluasi. Subjek penelitian adalah guru, teman sejawat, peneliti, dan siswa kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP yang berjumlah sebanyak 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan penilaian RPP siklus I adalah 82,1% dan siklus II 92,9%. Penilaian pelaksanaan aktivitas guru siklus I adalah 80,4% dan siklus II 96,4%. Penilaian pelaksanan aktivitas siswa siklus I adalah 75% dan siklus II 96,4%. Penilaian hasil belajar siswa aspek kognitif siklus I nilai rata-ratanya adalah 72,78 dan siklus II 92,22. Pada aspek afektif siklus I nilai rata-ratanya adalah 75,20 dan siklus II 83,39. Sedangkan untuk aspek psikomotor siklus I nilai rata-ratanya adalah 74,84 dan siklus II 87,06. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar ,Teaching and Learning (CTL) , Kota Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:46
Last Modified: 04 Aug 2025 00:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item
View Item