Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation di Kelas IV SD Negeri 15 Padang Sarai

Amelia, Citra (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation di Kelas IV SD Negeri 15 Padang Sarai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_CITRA_AMELIA_1300416_3114_2017.pdf] Text
final_B1_06_CITRA_AMELIA_1300416_3114_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa dikarenakan guru terlalu mendominasi seluruh kegiatan pembelajaran, guru kurang menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif. Solusi dari permasalahan ini adalah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini secara umum mendeskripsikan bagaimana rencana, pelaksanakan dan hasil belajar pada pembelajaran IPS menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation di kelas IV SD Negeri 15 Padang Sarai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 15 Padang Sarai. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan I dengan nilai 71,40% (C), pada siklus I pertemuan II dengan nilai 89,30% (SB) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 92,90% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I pertemuan I dengan nilai 80,50% (B), pada siklus I pertemuan II dengan nilai 86,10% (SB) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 97,22% (SB). Aspek siswa siklus I pertemuan I dengan nilai 75% (C), pada siklus I pertemuan II dengan nilai 86,10% (SB) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 94,40% (SB). Hasil belajar siswa siklus I pertemuan I dengan nilai 77,05 (B), pada siklus I pertemuan II dengan nilai 85,55 (B) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 92,65 (SB). Dengan demikian disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar ,Pembelajaran, Cooperative Learning, SD Negeri 15 Padang Sarai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:45
Last Modified: 04 Aug 2025 00:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19811

Actions (login required)

View Item
View Item