Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Makromedia Direktor Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Resta, Cindy Anda (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Makromedia Direktor Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_CINDY_ANDA_RESTA_17129306_5193_2021.pdf] Text
final_B1_06_CINDY_ANDA_RESTA_17129306_5193_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Era revolusi industri 4.0 yang sejak kemunculannya pada zaman modern ini membawa dampak diberbagai aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan penggunaan teknologi menjadi keharusan dalam proses pembelajaran saat ini. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurannya penggunaan media pada saat proses pembelajaran, terlebih lagi penggunaan media berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Makromedia Direktor dikelas IV SD yang valid, praktis dan efektiv Penelitian ini merupakan peneltian pengembangan (R&D) dengan model pemgembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap dalam pengembangannya, yaitu Define( pendefenisian), Desaign (perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan lembar evaluasi. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang peserta didik yang terdiri dari 12 perempuan dan 8 laki-laki di kelas IV SDN 12 Api- Api. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas dengan kategori valid. Hasil angket respon guru dan peserta didik adalah media pembelajaran telah sangat praktis dan hasil angket respon guru dengan presentase kepraktisan 96,4%, sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 87,8%. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukan hasil yang sangat efektif dengan presentase peningkatan hasil belajar peserta didik dan ketuntasan sebanyak 85% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media makromedia direktor pada materi keliling dan luas bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD telah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Makromedia Direktor, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:45
Last Modified: 04 Aug 2025 00:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item
View Item