Cici, Cici (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas I SD Negeri 59 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_CICI_52652_5209_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_CICI_52652_5209_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_CICI_52652_5209_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran berbicara dimana guru belum tepat dalam penggunaan media pembelajaran. Permasalahan tersebut berdampak pada keterampilan berbicara siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam berbicara dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua siklus dengan instrument penelitian lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: (a) Perencanaan pada siklus I nilainya 83% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93% (SB), (b) Pelaksanaan siklus I aspek guru nilainya 82% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92% (SB) dan pelaksanaan siklus I aspek siswa nilainya 82% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92% (SB), (c) Hasil belajar siswa siklus I rata rata nilainya 75 (C) meningkat pada siklus II menjadi 85 (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri 59 Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan,Media Gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 00:44 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 00:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19804 |