Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 07 Teladan Kota Bukittinggi

Sari, Riri Permata (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 07 Teladan Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIRI_PERMATA_SARI _04300_62_2013.pdf] Text
final_B1_6_RIRI_PERMATA_SARI _04300_62_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi pembelajaran di sekolah dasar (SD) khususnya ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada saat ini masih banyak menggunakan model belajar konvesional, siswa hanya menjadi objek, dan guru hanya mengharapkan siswa duduk diam, dengar dan catat tanpa meminta siswa menemukan sendiri permasalahan yang ada.. Akibatnya siswa seringkali tidak bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan model kooperative tipe GI. Model Cooperative Learning Tipe GI ini merupakan salah satu pembelajaran Cooperative yang memberdayakan kemampuan berfikir siswa, model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan informasi dari berbagai macam sumber didalam dan diluar kelas. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I dengan hasil RPP 75%, aspek guru 70,8%, aspek siswa 50%, persentase ketuntasan 44,8%, Siklus I pertemuan II dengan hasil RPP 82,1%, aspek guru 70,8%, aspek siswa 50%, persentase ketuntasan 51,7%, siklus II pertemuan I dengan hasil RPP 89,2%, aspek guru 91,6%, aspek siswa 83,3%, persentase ketuntasan 72,5% dan siklus II pertemuan II dengan hasil RPP 96,4%, aspek guru 95,8%, aspek siswa 95,8%, persentase ketuntasan 89,6%. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan juga terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan ini dengan model Cooperative Learning Tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:22
Last Modified: 01 Aug 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19751

Actions (login required)

View Item
View Item