Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Mainarti, Riri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIRI_MAINARTI_07530_2351_2013.pdf] Text
final_B1_6_RIRI_MAINARTI_07530_2351_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPA di kelas IV masih belum menghadirkan pada situasi dunia nyata siswa yang masih bersifat menoton dalam pembelajaran. Akibatnya siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang mengalami pembelajaran yang nyata. Menyikapi kenyataan diatas, perlu diadak penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 06 Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tiga kali pertemuan dengan tahap-tahap penelitian perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yaitu lembaran observasi, lembaran tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 06 Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen yaitu: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I adalah 68% dengan kriteria cukup, sedangkan siklus II meningkat menjadi 93% dengan kriteria sangat baik. 2) Pelaksanaan aspek guru pada siklus I adalah 70% dengan kriteria baik, sedangkan siklus II meningkat menjadi 92,5% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan Pelaksanaan aspek siswa pada siklus I adalah 72,5% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria sangat baik. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 72,65, sedangkan siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 82,7. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 06 Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:21
Last Modified: 01 Aug 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19746

Actions (login required)

View Item
View Item